Text berjalan

مجلس تعليم د روس العر بية ببس - مجلس تعليم د روس العر بية ببس - مجلس تعليم د روس العر بية ببس Majelis taklim Tingkat "PlayGroup" Nahwu Shorof metode pemahaman bagi usia lanjut

Sabtu, 18 Juni 2011

Vane Pump ( pompa sudu)

POMPA SUDU ( Fix Vane Pump)
Pompa sudu (vane Pump) dengan Volume perpindahan Tetap ( Fix) type V2  Singgle pump dan double pump
Bumbungan .1. (cam ring) mempunyai permukaan gerak bagian dalam yang didisain dengan membuat eksentrisitas ganda . Rotor merupakan bagian penggerak, sedangkan pada sekelilingnya dus sudu .3. (sudut Ganda)  yang dapat ditekan satu sama yang lain dan ditempatkan pada alur-alur yang diatur secara Radial.
Ketika Rotor di putar, gaya sentrifugal dan tekanan sistem dibelakang sudu-sudu akan menekan sudu yang bergerak radial ke luar. Sudu-sudu tersebut dengan sisi tepi luarnya terletak pada daerah gerakan dalam dari Bumbungan ( Cam ring)
Ruang –ruang (sebagai ruang tranfer)  dibentuk oleh dua pasang sudu .
Rotor, bumbungan (cam)  dan cakram-cakram pengontrol yang dirangkai pada sisinya (Disc plate).
Pengisian (section port) dan pengaliran sisi tekanan ( discharge port)  Fluida dilakukan dengan menggunakan cakram cakram pengendali  ( tidak ditunjukan).
Untuk mempermudah pengertian Perpindahan aliran dalam Bumbungan(camring) dan flow ratenya ditunjukan dalam gambar 5

Untuk prosedur pengaliran, rotor digerakan  sesuai dengan panah (Row) dekan aliran penghisap  pada dua sisi (atas dan bawah) sudu-sudu .4. masih terlalu kecil. Dengan putaran selanjutnya  sudu-sudu akan menjadi  terisi penuh dengan oli , ketika sudu-sudu sudah mencapai  ukuran maksimum ( jarak maksimum dari  ruang gerak  dalam dari titik pusat rotor)  maka dipisahkan dari sisi tekan  dengan menggunakan cakram-cakram pengontrol  kemudian dihubungkan  dengan sisi yang bertekanan
Sudu-sudu tersebut didorong ke dalam alurnya mengikuti bentuk kurva cam ring (bumbungan) .Volume sudu sekali lagi menjadi dipersempit  sehingga fluida oli terdoromg ke sisi yang bertekanan.
Karena kurva bumbungan( cam ring0 mempunyai bentuk ekxentrik Ganda ,maka setiap sudu akan mengalami duakali proses pengaliran pada setiap putaran.
Pada waktu yang bersamaan ruang hisap dan dua ruang tekan terletak bersamaan , karena poros penggerak bebas beban secara hidraulik.
Tekanan diterapkan dibelakang sudu .5., dengan demikian penyekatan yang lebih baik dapat di capai .
Walau demikian , karena geseran tidak dapat meningkat banyak , kedua sudu pada alur rotor mempunyai ruang yang terletak berlawanan Gambar 6.
Ruang-ruang pada sudu menyebabkan tekanan imbang antara sisi jalan(running) dan sisi balik (return) .Permukaan dari sudu menetap sebagai permukaan kontak Untuk tekanan.  Tekanan kontak yang lebih tinggi tidak diperlukan pada sisi hisap. Denga demikian akhir dari sudu.6. bebas ke tangki
Dengan penggunaan 2 elemen pompa (Rotor, Camring/Bumbungan, Disc plate/Cakram-cakram  pengontrol) pada satu poros disatu rumah(shaft assembly)  pompa ganda dengan  bumbungan hisap dan dua buah lubang tekanan yang tidak berhubungan satu dengan yang lain dapat dihasilkan. Seperti gambar .
Data teknis yang penting
Pompa Tunggal             à Volume perpindahan aliran : 10—100 cc/putaran
                                    à Tekanan kerja : sampai 175 Bar
                                    à Jenis fluida (oli) yang akan digunakan 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar